Kamis, 05 Juli 2012

Modifikasi Proyektor Slide dengan Lampu LED

Kumpulan koleksi foto-foto dengan media slide (film positif) cukup banyak, sayang jika hanya disimpan saja karena sekarang sudah beralih ke digital. Namun jika sering mempresentasikan dengan proyektor slide akan timbul masalah lain yaitu warna foto slide cepat menjadi pudar akibat sorotan panas dari bohlam halogen.

Untunglah, sudah banyak tersedia di toko alat listrk lampu dengan teknologi LED (light emitting diode), sehingga timbul ide untuk memodifikasi proyektor slide yang menganggur menjadi proyektor slide dengan bohlam LED.

Keuntungan proyektor slide memakai bola lampu LED:
  • Konsumsi daya LED yang sangat kecil.
  • Suhu yang dihasilkan dari lampu LED jauh lebih dingin dibandingkan lampu proyektor biasa, sehingga aman jika menonton foto-foto slide dalam waktu lama.

Rancang bangun proyektor dibuat khusus untuk bohlam halogen saja, maka beberapa bagian dari proyektor mesti dibongkar dan disesuaikan dengan bentuk lampu LED yang tersedia di pasaran. Bagian yang dibongkar adalah Lensa Pengumpul (condenser lens), kaca penahan panas dan tentu mencopot lampu Halogen.
kiri ke kanan
Kaca Penahan Panas, Lampu Halogen dan Lensa Pengumpul


Belum ditemukannya lampu LED yang benar-benar dapat menggantikan bohlam halogen, maka dipakailah lampu sorot LED 220V 5 watt dengan lima titik LED.


Karena ukuran lampu LED lebih besar daripada lampu halogen, sehingga lampu LED terpaksa berada diluar proyektor dan sinarnya dipantulkan melalui cermin.

Perhatikan perbandingan bagan proyektor sebelum dan sesudah modifikasi.
iful

Proyetor Slide ber'aksi' dengan lampu LED
Dari hasil uji coba, proyektor berhasil memproyeksikan gambar transparan 35 mm positif film dengan sempurna. Namun karena tingkat kecerahan lampu LED belumlah seterang lampu halogen, maka ruangan perlu digelapkan  total untuk mendapatkan kecerahan gambar optimal. Keuntungan utama dari proyektor memakai lampu LED adalah kita dapat memproyeksikan foto slide terus menerus tanpa membuat klise positif menjadi kepanasan atau terbakar.

Umpamanya ada beberapa proyektor lawas dimodifikasikan memakai LED, kita dapat membuat galery foto-foto slide sehari penuh dengan ruang tetap sejuk dan film slide tetap awet.

Jika anda punya info lampu LED yang lebih mumpuni, mohon infokan melalui kolom komentar dibawah. Melihat perkembangan lampu LED, saya yakin nantinya LED akan lebih baik, menjadi lebih cerah dan konsumsi listrik dan panas yang dihasilkannya makin turun.

2 komentar:

Suhar yanto mengatakan...

Banyak dipasaran sekarang. Dari yng 10.20 30 watt. Kisaran 300.000

iful mengatakan...

yup,benar, Mas (y)
makin menarik aja untuk memodifikasi 'gadget' yg masih pake bohlam pijar :)